RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (1 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi :
- Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar :
2.3 Melakukan pengukuran sudut
C. Indikator
1. Menentukan besar sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam
2. Menentukan besar sudut dengan menggunakan alat (busur derajat), dan menaksir besar suatu sudut.
3. Menggambar sudut siku-siku, lancip dan tumpul dengan busur derajat.
D. Tujuan Pembelajaran
1. dengan media berupa jam, siswa dapat menentukan besar sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam
2. Dengan menggunakan busur derajat, siswa dapat Menentukan besar sudut dengan menggunakan alat (busur derajat), dan menaksir besar suatu sudut.
3. Dengan menggunakan busur derajat, siswa dapat menggambar sudut siku-siku, lancip dan tumpul.
E. Materi Pembelajaran
- Melakukan Pengukuran Sudut
- Menggambar dan mengukur besar sudut dengan alat (Busur Derajat)
F. Pendekatan /metode Pembelajaran
Pendekatan : konstruktivistik
Metode : ceramah, tanya jawab, penugasan.
G. Langkah-langkah Kegiatan
1. Pendahuluan (±5 menit)
a. Guru mengucapkan salam
c. Guru mengecek kehadiran, kesiapan fisik dan mental siswa.
d. Guru memberikan apersepsi
e. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran tentang menentukan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam .
2. Inti (± 80 menit)
a. Guru Memotivasi siswa guru menunjukkan waktu pada jam dinding atau model pukul 01.00. Bertanya jawab tentang jarum jam yang ditunjukkan itu. “Berapa besar sudut jam itu?” Diharapkan siswa mengemukakan/menjelaskan jawabannya. Guru memberikan penguatan/ pemantapan atas jawaban siswa.
b. guru menjelaskan materi tentang pengukuran sudut yaitu Untuk mengukur besar sudut digunakan busur derajat. Busur derajat adalah alat pengukur yang menggunakan derajat sebagai satuan. Busur derajat berbentuk setengah lingkaran. Besarnya 1800. Berbagai nama sudut mempunyai ukuran tertentu. Misalnya, sudut siku-siku besarnya 900, sudut lurus besarnya 1800, dan lingkaran 3600. Berpedoman pada sudut-sudut itu, kita dapat menaksir besarnya suatu sudut.
b. Siswa menyimak penjelasan guru, dan melakukan Tanya jawab bila ada materi yang belum jelas.
c. Guru memberikan contoh soal
d. Dengan bimbingan guru, siswa menentukan besar sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam
e. Dengan bimbingan guru, siswa menentukan besar sudut dengan menggunakan alat (busur derajat), dan menaksir besar suatu sudut.
f. Dengan bimbingan guru, siswa menggambar sudut siku-siku, lancip dan tumpul dengan busur derajat.
g. Guru memberikan penugasan kepada siswa mengerjakan latihan kemudian siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
3. Penutup (± 20 menit)
a. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b. guru memberikan tindak
H. Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
- Model Jam
- Busur Derajat
- Penggaris
2. Sumber :
- Kurikulum KTSP Kelas V SD Negeri 45 Kota bengkulu
- Silabus KTSP Kelas V Matematika V SD Negeri 45 Kota bengkulu
- Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika kelas V pengarang RJ. Soenarjo, Tahun 2008, Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. Halaman 77-82
I. Evaluasi / Penilaian
1. Prosedur : Proses dan hasil (tertulis)
2. Teknik : Evaluasi
- Bentuk : Isian
Penilaian Proses
Lembar Observasi Keaktifan Siswa
No | Nama Siswa | Skor masing-masing aspek | ||
Keaktifan | Kepercayaan diri | Keseriusan | ||
1 | ||||
2 | ||||
3 | ||||
4 | ||||
5 | ||||
Dst |
Keterangan:
Berikan skor pada maisng-masing aspek dengan kriteria sebagai berikut :
4: Sangat Baik
3 : Baik
2: cukup
1 : kurang
Guru pamong | Bengkulu,1 september 2010 Praktikan KONDINSI A1G 007027 |
Guru kelas V A
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
“Waktu”
KELAS V SD SEMESTER I
OLEH
KONDINSI
A1G007027
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2010
J. Langkah-langkah Kegiatan
4. Pendahuluan (±5 menit)
f. Guru mengucapkan salam
g. Guru mengkondisikan kelas ke arah pembelajaran yang efektif.
h. Guru mengecek kehadiran, kesiapan fisik dan mental siswa.
i. Guru memberikan apersepsi
j. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran tentang menentukan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam .
5. Inti (± 80 menit)
a. Guru Memotivasi siswa guru menunjukkan waktu pada jam dinding atau model pukul 01.00. Bertanya jawab tentang jarum jam yang ditunjukkan itu. “Berapa besar sudut jam itu?” Diharapkan siswa mengemukakan/menjelaskan jawabannya. Guru memberikan penguatan/ pemantapan atas jawaban siswa.
b. guru menjelaskan materi tentang pengukuran sudut yaitu Untuk mengukur besar sudut digunakan busur derajat. Busur derajat adalah alat pengukur yang menggunakan derajat sebagai satuan. Busur derajat berbentuk setengah lingkaran. Besarnya 1800. Berbagai nama sudut mempunyai ukuran tertentu. Misalnya, sudut siku-siku besarnya 900, sudut lurus besarnya 1800, dan lingkaran 3600. Berpedoman pada sudut-sudut itu, kita dapat menaksir besarnya suatu sudut.
h. Siswa menyimak penjelasan guru, dan melakukan Tanya jawab bila ada materi yang belum jelas.
i. Guru memberikan contoh soal
j. Dengan bimbingan guru, siswa menentukan besar sudut yang ditunjukkan oleh jarum jam
k. Dengan bimbingan guru, siswa menentukan besar sudut dengan menggunakan alat (busur derajat), dan menaksir besar suatu sudut.
l. Dengan bimbingan guru, siswa menggambar sudut siku-siku, lancip dan tumpul dengan busur derajat.
m. Guru memberikan penugasan kepada siswa mengerjakan latihan kemudian siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru.
6. Penutup (± 20 menit)
c. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
d. guru memberikan tindak
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar