(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan :
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : V/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (1x pertemuan)
Standar Kompetensi
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dan penyusunannya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses
Kompetensi Dasar
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang sifat benda baik sementara maupun tetap
A. Indikator
1. Mengidentifikasi benda yang mengalami perubahan
2. Menyebutkan faktor-faktor yang dapat menyebabkan perubahan pada benda
B. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui percobaan dan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat benda yang mengalami perubahan.
2. Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan faktor yang dapat menyebabkan perubahan pada benda.
3. Melalui diskusi , siswa dapat menjelaskan faktor yang dapat menyebabkan perubahan pada benda.
C. Materi Pelajaran
Benda dan Sifatnya
Perubahan Sifat Benda
Sifat-sifat benda mengalami perubahan dapat dilihat pada bentuk, warna, kelenturan, kekerasan dan bau. Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan pada benda antara lain:
- Pemanasan
Pemanasan menyebabkan benda mengalami perubahan wujud. Wujud padat dapat berubah menjadi cair. Wujud cair dapat berubah menjadi gas.
- Pendinginan
Apabila cairan tersebut didinginkan maka akan berubah wujud menjadi padat, yaitu es. Mentega yang dicairkan setelah dipanaskan akan kembali menjadi padat setelah didinginkan. Jadi, pendinginan menyebabkan benda mengalami perubahan wujud. Benda cair akan berubah wujudnya menjadi benda padat.
- Pembakaran
Dalam kegiatan yang kamu lakukan sebelumnya, kamu membakar ketas yang berwarna putih. Pada saat di bakar kertas tersebut mengalami perubahan warna dan bentuk. Sebelum dibakar kertas tersebut berwarna putih, namun setelah dibakar warna kertas berubah menjadi hitam. Selain perubahan warna, kertas juga mengalami perubahan bentuk dari berupa lembaran menjadi abu. Jika kamu membakar karet maka selain bentuk dan warnanya akan berubah, kelenturan dan baunya pun menjadi berubah. Oleh karena itu, pembakaran dapat menyebabkan benda mengalami perubahan bentuk, warna, kelenturan, dan bau.
- Pembusukan
Apa yang akan terjadi jika kamu menyimpan buah di udara terbuka dalam waktu beberapa hari? Tentunya buah itu akan menjadi lembek, layu, dan warnanya pun berubah. Hal ini terjadi karena buah yang dibiarkan di udara terbuka akan mengalami pembusukan. Jadi, pembusukan juga mengakibatkan benda mengalami perubahan bentuk, warna, dan bau.
- Perkaratan
Kamu mungkin pernah melihat besi atau rantai sepedamu berkarat. Logam seperti besi, dapat mengalami perkaratan apabila terkena air atau uap air dan dibiarkan dalam waktu yang lama. Perkaratan ini menyebabkan warna besi berubah dan besi menjadi rapuh. Perkaratan dapat menyebabkan benda mengalami perubahan warna dan kekuatan.
D. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. demonstrasi
3. Diskusi
4. Penugasan
E. Langkah- langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal ( ± 10 menit )
2. Guru memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan ”siapa yang suka makan es krim?”, ”apa yang terjadi jika es krim terkena panas?”
3. Guru menyampaikan tentang tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti ( ± 40 Menit )
1. Guru menjelaskan materi pelajaran tentang perubahan sifat benda secara singkat.
2. Guru mengeluarkan alat yang digunakan untuk melakukan demonstrasi perubahan sifat benda.
3. Guru dengan dibantu siswa melakukan percobaan perubahan sifat pada benda yaitu membakar lilin
4. Siswa dan guru melakukan tanya jawab berdasarkan hasil percobaan.
5. Guru membagikan LDS kepada masing-masing dan menjelaskan langkah kerjanya.
6. Siswa disuruh berdiskusi dengan teman sebangkunya mengenai sifat-sifat benda yang mengalami perubahan dengan bimbingan guru.
7. perwakilan siswa melakukan presentasi dari hasil diskusi di depan kelas
8. Melalui bimbingan guru siswa lain menanggapi hasil dari presentasi diskusi tersebut.
9. Guru memberikan motivasi dan penguatan.
10. Guru Memberikan Pemantapan Materi pelajaran
11. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada materi yang belum dipahami.
Kegiatan Penutup ( ± 20 Menit )
- Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran.
- Siswa mengerjakan evaluasi.
- Guru memberi tindak lanjut
F. Sumber pembelajaran
1. Kurikulum KTSP SD Negeri 45 Kota Bengkulu
2. Silabus kelas V SD Negeri 45 Kota Bengkulu
3. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V
G. Alat dan bahan
1. Lilin, korek api
2. LDS
3. Kunci Jawaban LDS
H. Penilaian
1. Penilaian Hasil Belajar
Penilaian Evaluasi dan LDS
Bengkulu, 10 November 2010 Praktikan KONDINSI A1G 007027 |
Lembar Diskusi siswa
Nama kelompok :
Nama Anggota :
1.
2.
Petunjuk:
Berilah penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi perubahan pada benda. Diskusikanlah bersama kelompokmu!
No | Nama Benda | Bentuk perubahan | Mengalami perubahan benda akibat: | |||||
Pemanasan | Pendinginan | Pembakaran | Pembusukan | perkaratan | ||||
1. | Lilin | Mencair | P | |||||
2. | Apel | |||||||
3. | Paku | |||||||
4. | Es | |||||||
5. | Kertas | |||||||
6. | Mentega | |||||||
7. | karet | |||||||
8. | Air | |||||||
9. | kayu | |||||||
10. | besi |
Kunci Jawaban LKS 1
Nama kelompok :
Nama Anggota :
1.
2.
Petunjuk:
Berilah penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi perubahan pada benda. Diskusikanlah bersama kelompokmu!
No | Nama Benda | Bentuk perubahan | Mengalami perubahan benda akibat: | ||||
Pemanasan | Pendinginan | Pembakaran | Pembusukan | perkaratan | |||
1. | Lilin | Mencair | P | ||||
2. | Apel | membusuk | P | ||||
3. | Paku | Berkarat | P | ||||
4. | Es | Mencair | P | ||||
5. | Kertas | Menjadi abu | P | ||||
6. | Mentega | Mencair | P | ||||
7. | karet | Mencair | P | ||||
8. | Air | Membeku | P | ||||
9. | kayu | Menjadi arang | P | ||||
10. | Besi | berkarat | P |
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar