RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Sekolah : SDN
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)
A. Standar Kompetensi
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.
B. Kompetensi Dasar
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
C. Indikator
Membaca
Menemukan tokoh-tokoh dalam sebuah dialog serta menyebutkan perannya.
Berbicara
Memerankan tokoh dalam sebuah dialog dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.
Menulis
Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.
D. Tujuan Pembelajaran
Membaca
Melalui kegiatan pemberian contoh dialog, siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam dialog tersebut dengan benar.
Menulis
Setelah melakukan kegiatan diskusi kelompok siswa dapat, menulis sebuah dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya dengan benar.
Berbicara
Dengan kegiatan simulasi di depan kelas, siswa dapat memerankan tokoh dalam dialog tersebut dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.
E. Materi Pelajaran
Menulis Dialog
F. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Simulasi
4. Tanya Jawab
5. Pemberian Tugas
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (± 5 menit)
1. Guru mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar.
2. Guru mengecek kehadiran siswa.
3. Guru memberikan apersepsi dengan memberikan pertanyaan, “Pernahkah kalian menelpon seseorang?, Apa yang kalian lakukan saat menelpon tersebut?”
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (± 60 menit)
1. Guru memotivasi siswa dengan meminta salah satu siswa maju ke depan kelas untuk diajak berdialog, kemudian guru menanyakan kepada siswa apa yang dibicarakan antara guru dan murid di depan kelas tadi?
2. Guru mengeluarkan media berupa contoh sebuah dialog, kemudian meminta beberapa orang siswa maju ke depan kelas untuk membacakan dialog tersebut.
3. Guru meminta siswa untuk menyebutkan tokoh-tokoh dalam dialog tersebut.
4. Guru memberikan penghargaan secara verbal pada siswa yang telah berani untuk menjawab.
5. Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya yaitu murid disuruh membuat dialog dengan teman sebangkunya.
6. Dengan bimbingan guru siswa membuat dialog
7. Beberapa murid diminta maju ke depan kelas untuk mempraktekan dialog yang dibuatnya di depan kelas
Penutup (± 5 menit)
1. Bersama dengan siswa guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Guru membagi soal evaluasi dan meminta siswa mengerjakanya.
3. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mengingatkan siswa untuk tetap belajar di rumah.
H. Media dan Sumber Pelajaran
1. Media Pembelajaran
Contoh dialog
2. Sumber Pelajaran
a. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
b. Silabus Pembelajaran SD Negeri 45 Kota Bengkulu
c. Tahir, Malik A, dkk. 2007. Bahasa Kita Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar Kelas V Semester 1. Jakarta: Esis
I. Penilaian dan Evaluasi
1. Penilaian
a. Produk : Lembar Evaluasi
b. Proses : Lembar Kegiatan Siswa
2. Evaluasi
a. Prosedur : Post Tes
b. Jenis : Tertulis
c. Bentuk : Essay
d. Alat : Soal
Bengkulu, 11 November 2010 Praktikan KONDINSI A1G 007027 |
Bacalah dialog berikut ini kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawahnya!
Cecep : Kamu biasa bangun tidur pukul berapa, Nar?
Dinar : Biasanya pukul 05.30.
Cecep : Wah..! Pagi sekali!
Dinar : Ya..,bangun pukul 05.30 saja aku masih terburu-buru.
Cecep : Memang apa saja yang kamu lakukan?
Dinar : Banyak sekali, Cep! Ya.., merapikan tempat tidur, mandi, sarapan, dan merapikan buku pelajaran untuk hari ini. Setelah itu berangkat sekolah.
Cecep : Wah.., hebat kamu, Nar. Aku ingin mencontohmu. Tapi, bagaimana aku mencontohnya? Aku selalu bangun kesiangan.
Saebo : Kamu biasa bangun pukul berapa, Cep?
Cecep : Pukul 06.30.
Tigor : Hm.., payah kamu! Bangun saja kesiangan.
Saebo : Kamu kamu bangun pukul berapa, Gor?
Tigor : Hm.., aku jadi malu. Kadang-kadang aku bangun pukul 05.30, kadang-kadang juga aku bangun pukul 07.00.
Saebo : Hah…, pukul 07.00?ini lebih parah lagi. Masuk sekolah saja pukul 07.00, bangun juga pukul 07.00! Pantas kamu sering terlambat.
Pertanyaan!
1. Siapa sajakah yang menjadi tokoh dalam dialog tersebut?
2. Apakah yang manjadi topik dialog di atas?
3. Siapakah yang paling cepat bangun pagi?
4. Mengapa Dinar setiap hari bangun pagi?
KUNCI JAWABAN LEMBAR EVALUASI
Kunci Jawaban Soal Evaluasi!
1. Cecep, Dinar, Saebo, dan Tigor.
2. Kebiasaan bangun pagi.
3. Dinar
4. Karena banyak yang harus Dinar lakukan di pagi hari, mulai dari merapikan tempat tidur, mandi, sarapan, dan merapikan buku pelajaran yang akan dibawa ke sekolah.
PENILAIAN KELAS
Penilaiaan kelas dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung,baik saat siswa bekerja dalam kelompok maupun saat siswa bekerja secara individu dan presentasi didepan kelas lembaran ini diisi per-15 menit.
Kelas : V SD
Tanggal : 11 NOVEMBER 2010
TUJUAN PEMBELAJARAN | |||||
NO | NAMA SISWA | I | 2 | 3 | 4 |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 | |||||
5 | |||||
6 | |||||
7 | |||||
8 | |||||
9 | |||||
10 | |||||
11 | |||||
12 | |||||
13 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS V SD SEMESTER I
OLEH
KONDINSI
A1G007027
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2010
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar